LAKTASI

Posted by Unknown on Monday, August 31, 2009

“Dan ibu – ibu hendaklah menyusui anak-anaknya selama 2 tahun penuh,bagi yang ingin menyusui secara sempurna....”
( Al baqarah : 233)

....Dan jika kamu ingin menyusukan anak kamu kepada orang lain ,maka tidak ada dosa bagimu memberikan pembayaran dengan cara yang patut” ( Al Baqarah :233 )

Mengapa Menyusui Itu Penting!
  1. Menyusui memberi anak awal terbaik dalam hidupnya.
  2. Diperkirakan setiap tahun 1 juta anak meninggal krn diare,penyakit saluran pernapasan dan infeksi lainnya krn mereka tidak disusui secara memadai.
  3. Banyak lagi anak yg menderita penyakit yg tidak perlu diderita jika mereka disusui.
  4. Menyusui juga membantu melindungi kesehatan ibu.
  5. Program penanggulangan diare sejak lama mengakui kebutuhan untuk mempromosikan menyusui untuk mencegah diare pada anak kecil.
  6. Baru – baru ini semakin jelas bahwa menyusui penting dalam tata laksana diare,utk mencegah dehidrasi dan mempercepat penyembuhan

Rekomendasi WHO
Fenomena: banyak ibu yg memberikan bayi makanan dan minuman sblm 6 bulan dan berhenti menyusui jauh sebelum anak beumur 2 tahun.
- Penyebab: Ibu tdk yakin, ada masalah menyusui, ibu kerja,tdk ada yg memberi bantuan yg ibu perlukan,layanan kesehatan dan saran yg ia terima dari petugas kesehatan tidak mendukung proses menyusui.
2. Peran petugas kes utk membantu ibu agar sukses menyusui.
- Bantuan ini penting tdk hanya sbl persalinan tp juga sampai tahun ke 2.
3. Kita dapat memberikan saran yg bermanfaat agar ibu tetap menyusui anaknya dalam keadaan apapun dan meyakinkan ibu bahwa ASI nya cukup,mengatasi masalah menyusui,atau ibu yg bekerja dapat tetap menyusui bayinya.



{ 0 comments... read them below or add one }

Post a Comment